Thursday, March 20, 2014

Belajar Dasar Java

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi yang galau sahabat Sugrahaku. Mengapa Galau? Karena hari ini mendung, hujan tidak cerah juga kemungkinan. Pada kesempatan kali ini, Sugraha's Creativity akan membahas tentang Dasar-dasar pada bahasa pemrograman Java. Apapun yang akan kita lakukan sebaiknya dilakukan dari dasar. Mengapa? Kalau ditanya mengapa, karena apapun yang dilakukan dari dasar hasil yang didapat akan lebih greget, memuaskan dan tidak akan sia-sia. Oleh karena itu, judul dari artikel kita kali ini adalah "Belajar Java dari Dasar Yuk!!".



Sebelum memulai untuk belajar, siapkan dahulu alat-alat perangnya, bisa langsung di download dari sini kok.

1. Download JDK --> ( Download )
2. Download JRE -- ( Download )
3. Download NetBeans IDE --> ( Download )
  atau
4. Download BlueJ --> ( Download )

Kalau sudah di Install semua, sambil menunggu saya jelaskan dulu kegunaan dari masing-masing softwarenya.

1. JDK (Java Development Kit )
JDK atau Java Development Kit digunakan untuk mengkompilasi, debug, dan menjalankan aplikasi pada Java. Jadi, jika tidak ada JDK program java tidak akan bisa dijalankan.

2. JRE (Java Runtime Environment)
Untuk menjalankan aplikasi Java, pada komputer harus memiliki Java Runtime Environment (JRE) untuk diinstall. Java Runtime Environtment (JRE) termasuk dalam Java Virtual Machine (JVM). Java Virtual Machine adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa Java ke Bahasa Mesin. Jadi, jika ingin menjalankan program java harus menginstall JRE terlebih dahulu.

3. NetBeans IDE
Netbeans IDE berfungsi sebagai perangkat lunak atau software yang digunakan oleh programmer untuk membuat atau mengembangkan program. Netbeans IDE memberikan utilitas yang lebih lengkat termasuk compiler, linker, debugger, dan lain sebagainya. Kelengkapannya itulanh yang membuat programmer lebih memilih memakai Netbeans dibandingkan yang lain.

4. BlueJ
BlueJ adalah salah satu editor dan pengembang bahasa java yang dikhusukan untuk pembelajaran java di level perkenalan atau newbie. Jadi, saya sarankan lebih baik menggunakan BlueJ dulu jika masih bingung menggunakan Netbeans.

Let's Start !!

Pertama-tama, buka BlueJ yang sudah anda download tadi. Buat New Project. dan Hasilnya akan seperti ini.


Setelah itu, buatlah New Class dengan nama Hello. Tuilis Coding dari program Hello seperti ini.
01
public class Hello
02


03
{
04


05
    public static void main(String[] args)
06


07
    {
08


09
        System.out.print("Hello World");
10


11
    }
12
}

Klik Compile, Maka jadi nya seperti ini.


Close jendela Hello, lalu klik kanan pada program yang baru kita buat tadi dan pilih void main(String[] args) dan OK untuk melihat hasil Output. Dan hasilnya akan seperti ini.


Di dalam pembuatan program java ada 7 yang harus diketahui, yaitu :
1. Program Hello World
2. Type Data
3. Variabel
4. Operator
5. Percabangan
6. Perulangan
7. dan Array

Tetapi untuk saat ini saya sudahi pembahasan kali ini, saya akan lanjutkan nanti untuk membahas tentang type data dan yang lainnya.

Baiklah, itulah sedikit pembahasan tentang "Belajar Bahasa Java dari Dasar Yuk !!" yang dapat saya sampaikan. Apabila ada yang ingin Sahabat Sugrahaku tanyakan dapat ditanyakan pada kolom komentar. Bila ada kesalahan saya mohon maaf kepada Tuhan saya mohon ampun. Apabila Sahabat Sugrahaku masih bingung dengan Bahasa Pemrograman Java bisa melihat halamaman "Bahasa Java?".
Terima Kasih, Salam Teknologi

Share:

0 komentar:

Post a Comment

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Facebook

Kamu Pengunjung Ke

PROMOSI PRODUK ANDA DI SINI

About Me

MODIFCLASSIC.ID MODIFCLASSIC.ID