Wednesday, March 26, 2014

contoh proposal pengajuan tugas akhir



BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
Perkembangan teknologi internet yang pesat telah memicu munculnya berbagai aplikasi baru termasuk di bidang Teknologi Informasi. Aplikasi berbasis web  adalah salah satu revolusi dibidang informasi berbasis teknoogi internet.hal ini dapat berjalan lancar apabila ada suatu jaringan computer. Aplikasi tersebut diharapkan dapat dijadikan alternative bagi pengembangan sistem informasi yang lebih efektif dan efesien dengan biaya yang  lebih rendah dimasa mendatang. Hal ini dapat berjalan lancar apabila ada suatu aplikasi yang sudah komputerisasi.
Istilah aplikasi berasal dari bahasa inggris "application" yang berarti penerapan, lamaran ataupun penggunaan. Sedangkan secara istilah, pengertian aplikasi adalah suatu program yang siap untuk digunakan yang dibuat untuk melaksanakan suatu funsi bagi pengguna jasa aplikasi serta penggunaan aplikasi lain yang dapat digunakan oleh suatu sasaran yang akan dituju. Menurut kamus komputer eksekutif, aplikasi mempunyai arti yaitu pemecahan masalah yang menggunakan salah satu tehnik pemrosesan data aplikasi yang biasanya berpacu pada sebuah komputansi yang diinginkan atau diharapkan maupun pemrosesan data yang diharapkan.
Suatu sistem informasi adalah seperangkat aplikasi komputer yang dapat memberi dukungan operasi dari suatu organisasi seperti operasi, instalasi serta pada saat perawatan komputer, perangkat lunak dan data. Aplikasi biasanya berupa perangkat lunak yang berbentuk software yang berisi kesatuan perintah atau program yang dibuat untuk melaksanakan sebuah pekerjaan yang diinginkan. Selain itu aplikasi juga mempunyai fungsi sebagai pelayan kebutuhan beberapa aktivitas yang dilakukan oleh manusia seperti sistem untuk software jual beli, permainan atau game online, pelayanan mayarakat dan hampir semua proses yang dilakukan oleh manusia dapat dibantu dengan menggunakan suatu aplikasi. Beberapa aplikasi jika digabungkan akan menjadi satu paket atau sering juga disebut dengan aplication suite, dimana aplikasi tersebut memiliki posisi antar muka yang mempunyai kesamaan sehingga dapat dengan mudah digunakan atau dipelajari penggunaan tiap aplikasi tersebut. Demikian artikel tentang pengertian aplikasi, semoga bisa bermanfaat.
Dengan adanya aplikasi berbasis web ini diharapkan dapat membantu perusahaan PT.PLN(PERSERO) AREA METRO dalam mengerjakan pekerjaanya dengan cepat dan lebih mudah.dengan di buatnya sistem informasi tersebut.
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi ini bukan lagi sekedar menawarkan melainkan menuju ke system back office secara online dan realtime.
Oleh sebab itu penulisan disini mengambil judul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG DAN JASA PT. PLN(PERSERO) AREA METRO BERBASIS WEB”Sebagai judul tugas akhir ini.

1.2. Identifikasi Masalah
Dalam pengolahan data diperlukan suatu identifikasi terhadap permasalahan yang dihadapai. Dengan adanya masalah yang telah dijelaskan pada latar belakang diatas,diperlukan suatu jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut. Maka masalah yang akan di bahas adalah sebagai berikut :
1.      Input Pengadaan Barang dan Jasa secara manual,sehingga masih memakan waktu yang lama.
2.      Sering terjadi kesalahan dalam penulisan data atau pengisian data yang kurang lengkap.
3.      Memerlukan informasi yang lama untuk mengetahui Informasi perusahaan seperti data PT, Tanggal Surat, Barang, Dan Sebagainya karna sistemnya masih manual.
1.3.Batasan Masalah
Agar pembahasan masalah tidak menyimpan dari tujuan penelitian serta mengingat keterbatasan waktu dan kemampuan penulis,maka berikut adalah beberapa batasan yang perlu dibuat,yaitu :
1.      Sistem hanya menangani dan membantu memudahkan perusahaan untuk mengerjakan pekerjaanya dan memudahkan perusahan memberikan informasi yang efisien.
2.      Sistem memberikan kemudahan untuk input data Pengadaan Barang Dan Jasa.
3.      Sistem ini merupakan sistem yang berbasis Aplikasi Web yang menggunakan PHP dan Dremwever CS6 sebagai databasenya menggunakan XAMPP.
1.4. Maksut Dan Tujuan
Maksut dan tujuan tugas akhir ini adalah untuk memperbaiki sistem lama yang secara manual dan menggantikan dengan sistem baru yang berjalan secara komputerisasi.
Penggantian sistem ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perusahaan tersebut,menghemat waktu, lebih baik dan cepat. Dan diharapkan perancangan aplikasi ini dapat memberikan motivasi terhadap para karyawan pada PT PLN (PERSERO) AREA METRO selama dalam hal penggunaan aplikasi pengolahan data baru yang berbasis komputerisasi. Perancangan aplikasi ini dimaksudkan untuk memberikan manfaat dalam penggunaan teknologi informasi pada dunia kerja.

Tujuan dari penulisan ini adalah :
1.      Membuat Sistem Informasi Perusahaan yang Berbasis Web secara sistematis,terstruktur ,terarah, dan Lengkap,sehingga sistem informasi Perusahaan yang dibuat bener-bener berguna dan mengefesiensikan Pekerjaan.
2.      Untuk memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada orang yang membutuhkannya.
3.      Mendukung rencana pemanfaat fasilitas yang tersedia dengan membuat aplikasi informasi perusahaan.
4.      Memenuhi syarat untuk menyelesaikan mata kuliah tugas akhir dan menyelesaikan pendidikan di Program Studi D3 Komputer Universitas Muhammadiyah Metro.
1.5. Metode Penelitian
Metode penelitian bertujuan untuk mengumpulkan data secara lengkap dan akurat (valid)ada beberapa cara atau tehnik yang digunakan penulis dalam mengumpulkan data sebagai bahan dalam membuat rancangan Aplikasi Sistem Informasi Baru.
Dalam Penelitian ini pengumpulan data digunakan metode sebagai berikut :
1.      Metode Lapangan (Studi Lapangan)
Biasanya penelitian ini dilakukan secara langsung oleh peneliti.karena dalam penelitian ini peneliti harus melihat secara langsung atau mendapatkan informasi secara fakta.
Dalam melakukan metodologi penelitian ini,peneliti harus bener-bener dapat memperhitungkan hal-hal apa saja yang akan dibutuhkan dalam menyelesaikan penelitian agar nantinya tidak terjadi kesalahan atau hambatan dalam memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian.
Mengadakan wawancara (interview) langsung dengan manajer PT PLN (PERSERO) AREA METRO ,pegawai atau pun yang di anggap berwenang untuk memberikan data yang diperlukan.
2.      Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Penulis mengumpulkan dan membaca buku-buku dan fasilitas lainya yang berhubungan dengan penelitian ini.
1.6. Waktu Dan Lokasi Penelitian
Dalam penyusunan dan penulisan ini,penulis melakukan KKP Pada 3 Maret – 30 Mei 2014 di PT PLN (PERSERO) AREA METRO Metro Lampung.

1.7.Sistematika Penulisan
Secara garis besar tugas akhir ini dibagi atas 5 (lima) BAB dan beberapa lampiran. Adapun kelima BAB tersebut adalah :
BAB I                   PENDAHULUAN
Dalam bab ini berisikan Latar Belakang,Identifikasi Masalah, Batasan Masalah, Maksud Dan Tujuan, Metode Penelitian dan Sistematika Penulisan.

BAB II                  LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan tentang kosep-konsep dan teori-teori penunjang yang berhubungan  dengan masalah yang di teliti dan yang diambil dari beberapa referensi.

BAB III                ANALISIS SISTEM
Bab ini menguraikan sejarah berdirinya PT PLN (PERSERO) AREA METRO Kota Metro, Struktur Organisasi, Uraian Tugas, Sistem Informasi yang sedang berjalan meliputi Aliran Informasi, Diagram Konteks, Diagram Arus Data, Bagan Alir Dokumen pada PT PLN (PERSERO) AREA METRO Kota Metro.
BAB IV                PERANCANGAN SISTEM
Berisi mengenai gambaran umum tempat penelitian, metode yang digunakan,sumber data,data yang diperlukan,teknik pengumpulan data,teknik analisis data dan jadwal penelitian.
BAB V                  KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini merupakan bab penutup didalam penulisan tugas akhir. Pada bab ini penulis mengemukakan kesimpulan dan saran yang berhubungan dengan permasalahan serta hasil pembahasan yang ada.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Facebook

Kamu Pengunjung Ke

PROMOSI PRODUK ANDA DI SINI

About Me

MODIFCLASSIC.ID MODIFCLASSIC.ID