Sunday, December 10, 2017

Cantik dan Tampan adalah?

Menurut kalian Cantik dan Tampan apa?

Cantik atau tampan bukanlah hal yang mutlak. Setiap orang punya definisi masing-masing tentang cantik dan tampan dalam diri mereka. Ada yang menilainya dari paras semata, ada juga yang menilai dari hatinya. 

Meski selama ini definisi dan kategori cantik dan tampan dinilai kebanyakan orang dari fisik semata. Kebanyakan orang menilai laki-laki tampan adalah ia yang mempunyai postur tubuh tinggi dan berotot. Mereka adalah laki-laki yang disebut-sebut paling menarik. 

Sementara itu, perempuan sering diberi label menarik karena memiliki mata yang besar, pinggang yang kecil, payudara yang besar, dan bibir yang penuh. Begitulah gambaran cantik dan tampan secara universal, atau mungkin saja yang terbentuk berkat penggambaran di iklan-iklan televisi. 


Dilansir dari Medical Daily, seorang akademisi dari Inggris, Doktor Chris Solomon dari University of Kent memutuskan untuk memecahkan apa arti sesungguhnya dari ‘keindahan yang ideal’. Ia ingin membuat sebuah panduan visual tentang laki-laki tertampan dan perempuan tercantik di dunia. 

Tapi, hasil tersebut hanya cocok untuk denfinisikan laki-laki tampan dan perempuan cantik di Inggris.

Solomon menggunakan teknologi yang biasanya digunakan untuk membuat kompilasi foto buronan. Ia lantas merancang 100 profil wajah yang berbeda berdasarkan hasil survei yang meminta responden untuk menilai hal yang paling menarik dalam diri seseorang. Misalnya, seperti ukuran hidung, bibir, dan gaya atau warna rambut. 

Responden pun diminta untuk menilai 100 wajah tersebut. Untuk perempuan, wajah yang dinilai ideal adalah Emma Stone atau Natalie Portman dengan alis tebal, wajah berbentuk hati dan bibir yang penuh. Dan untuk laki-laki ideal dinilai yang memiliki rahang tegas, memiliki brewok, dan rambut yang hitam. 

Solomon mengatakan studi ini menunjukkan anggapan orang Inggris tentang lambang keindahan pada manusia. Tentu saja mereka memilih dua sampel tersebut yang memiliki tampilan ras Kaukasian atau berkulit putih. 

Hal ini terjadi karena kedua survei dan profil dilakukan di Inggris, yang tidak memiliki ras atau etnis yang beragam dibandingkan dengan bagian lain dari dunia. "Sangat penting untuk dicatat bahwa ini adalah wajah ideal menurut orang-orang yang tinggal di Inggris, sehingga sebuah penelitian di Asia atau Afrika, misalnya, tidak diragukan lagi memiliki hasil yang berbeda," kata Solomon. 

Ketertarikan secara fisik sebenarnya rumit dan bervariasi di masing-masing kebudayaan manusia, era, dan preferensi individu. Inilah yang dimaksud bahwa keindahan manusia bersifat subjektif. Beberapa hal yang cukup umum, secara ilmiah, perempuan cenderung memilih kategori laki-laki maskulin dan postur tubuhnya lebih tinggi dari mereka (simbol kekuatan, ketangguhan seksual, dan testosteron yang tinggi). 

Sedangkan, laki-laki cenderung tertarik pada perempuan yang lebih pendek dari mereka, memiliki bibir lebih penuh, wajah simetris, dan payudara besar (simbol tingkat estrogen dan kesuburan yang tinggi). Secara ilmiah dan evolusioner, seseorang akan lebih suka orang-orang yang 'menjanjikan' dalam hal reproduksi yang nantinya akan melahirkan anak yang sehat, menarik, dan kuat.

Tapi kenyataannya, keindahan melampaui reproduksi. Kecantikan atau ketampanan juga tentang cara seseorang berpikir, cara mereka berjalan, dan cara mereka berinteraksi dengan orang lain. Jika Anda ingin mendapatkan gambaran tentang keindahan paras manusia yang lebih baik, Anda dapat melihat foto seri fotografer Mihaela Noroc disebut "The Atlas Of Beauty." 

Setelah melakukan perjalanan ke 37 negara dengan dana yang sangat terbatas, Noroc memotret ratusan perempuan di semua benua yang berbeda. Ia berharap bisa memberikan orang pandangan yang lebih baik tentang bagaimana keindahan melintasi perbatasan budaya.

"Sekarang saya bisa mengatakan bahwa kecantikan ada di mana-mana, dan itu bukan masalah kosmetik atau ukuran tetapi lebih tentang menjadi diri sendiri," kata Noroc tentang proyeknya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Facebook

Kamu Pengunjung Ke

PROMOSI PRODUK ANDA DI SINI

About Me

MODIFCLASSIC.ID MODIFCLASSIC.ID